Minggu, 31 Oktober 2021

Program Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu.


Materi ke-12.

PROGRAM MENULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU
( Narsum : Prof. R Eko Indrajit )

Moderator : Aam Nurhasanah. S.Pd.
Jum'at, 29 Oktober 2021.

Assalamu'alaikum, salam sejahtera dan bahagia, serta selalu dalam lindungan Allah, Tuhan YME bersama keluarga tercinta dirumah.
 Prof. R. Eko Indrajit, saya panggil ayah Ekoji.
https://youtube.com/shorts/JIahtF4Q19E?feature=share, adalah link youtube Cara memilih Judul Buku dari Sesi Ekoji Channel.

berikut link profil ayah Ekoji ;

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Richardus_Eko_Indrajit

WA  dari ayah Ekoji.
 Pada saat itulah saya jelaskan caranya. Berikut adalah tahap-tahap yang saya minta mereka untuk melaksanakannya dalam dua minggu.

 Pertama, saya meminta mereka untuk singgah ke Youtubbe saya yaitu EKOJI CHANNEL dan melihat video-video tentang pembelajaran yang saya tampilkan di sana. (ngomong-ngomong silahkan anda visit sekarang, dan SUBSCRIBE ya... hehehe)

 Kedua, saya meminta mereka memilih satu video yang menarik perhatian mereka karena kontennya.

Ketiga, selama seminggu, saya meminta mereka untuk MENULISKAN APA YANG SAYA UTARAKAN di dalam video - baik secara verbatim (sebagaimana tersampaikan) maupun dengan menggunakan bahasa yang disusun sendiri.

Keempat, setelah melihat hasilnya, saya mengajak membuat Table of Contents atau daftar isi yang kira-kira sesuai dengan apa yang saya sampaikan (kebanyakan urutannya sudah saya sampaikan di video, jadi lebih mudah).

 Kelima, saya minta mereka mencari sumber lain di internet mengenai konten atau topik serupa dan menuliskannya kembali dengan kata-kata sendiri untuk memperkaya tulisan yang telah dibuat.

Keenam, tulisan yang sudah jadi tersebut (rata-rata 100 halaman lebih dalam format kertas A5) saya serahkan ke Penerbit ANDI untuk dilihat kemungkinan diterbitkannya.

Ketujuh, Penerbit ANDI melakukan telaah/kurasi, dan menetapkan bahwa sebagian besar tulisan tersebut dapat diterbitkan, sementara beberapa tulisan perlu mendapatkan revisi minor mapuun major.

Kedalapan, simsalabim, terbitlah buku-buku tulisan guru-guru yang hebat tersebut, dimana mereka menjadi penulis pertama, dan saya penulis keduanya. Impian menjadi kenyataan. Guru-guru yang tidak pernah bermimpi akan menjadi penulis dengan buku yang diterbitkan menjadi kenyataan. Dan sekarang sudah sampai pada enam gelombang....

Sepertinya itulah langkah langkah yang disampaikan oleh ayah Ekoji, untuk menjadi Penulis Mayor.
 Berikut link informasi yang berguna bagi saya dan teman teman atau my readers, silahkan di klik.

https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2020/11/writing-preneurship-menulis-buku-yang.html

https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2020/11/book-marketing-strategy.html

Kedua link tersebut diatas merupakan karya Bunda Aam Nurhasanah S.Pd.
dibawah ini ada link video bagaimana Bunda Aam Nurhasanah memberikan tips bagaimana mencari judul dan tema  yang layak diterbitkan
https://www.youtube.com/watch?v=17v72RUhZIY&t=981s

Link terakhir merupakan penutup resume yang saya buat, mengapa saya buat singkat, karena terbukti dan dirasakan oleh saya sendiri, menunda membuat resume saja kelabakan dan panik, bagaimana kalau kita menunda ide untuk menulis ? justru lebih banyak kerugian yang kita alami, jadi ini sebagai pelajaran untuk saya khususnya dan buat teman teman calon penulis untuk tidak pernah menunda untuk menulis.

Resume ke-12
Widy Kaneko Putro. S. Pd
SMP Negeri 194 Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Cegah Cyber Bullying

Pertemuan ke-4 Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital Grup 6 ( GMLD6 ). Senin, 8 November 2021. Materi                         : Yuk Cega...